hasil pencarian

Selasa, 15 Juli 2008

Back-up Blog

Cara Mudah Back-up Blog

Oh, ada lagi orang yang mengeluh karena kehilangan data tanpa punya salinannya. Kapan orang-orang akan belajar bahwa “back-up adalah sebagian dari iman”?

Mungkin mereka tahu hal tersebut, tetapi tidak terlalu perduli. Alasannya sederhana: kejadian kehilangan data tidak terlalu sering terjadi (meskipun jika terjadi, kehidupan berkomputer akan luluh lantak), dan tentu saja karena proses back up data itu sulit dan tidak murah.

Apalagi yang namanya backup data dari sebuah blog. Buat apa? Bagaimana pula caranya? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkn muncul di benak para blogger pemula yang baru saja mulai membangun blog-nya.

Alasan Back-up

Ada beberapa alasan utama kenapa blog juga harus di-back-up, apalagi kalau melakukan proses blog sudah berlangsung selama beberapa tahun. Kemungkinan kehilangan data selalu ada. Meskipun data tersimpan di server blog, tetap saja server bisa bermasalah. Bisa jadi, blog berisi kumpulan pemikiran yang tak ternilai harganya. Apa rasanya kehilangan barang yang tidak ternilai harganya?

Berikut ini adalah alasan lain yang bisa disebut.

- Siapa tahu blog hendak dipindah ke server lain yang lebih murah, lebih andal, lebih cepat, dan lebih-lebih lainnya.

- Blog jadi amburadul setelah pengaturan yang salah. Ketika itu, blog ingin dikembalikan ke kondisi ke keadaan sebelum pengaturan yang salah.

- Blog kena hack (mungkin) karena pemilik blog adalah seorang selebritis, pejabat pemerintah, atau orang yang nasibnya memang kurang beruntung.

Caranya?

PCplus tidak akan membahas cara back-up blog yang rumit dan mahal yang melibatkan HTML, PHP, cron, FTP, dan mahluk-mahluk aneh lainnya. Proses backup untuk orang biasa haruslah semudah mungkin, semurah mungkin, dan berjalan otomatis seakan mereka tidak akan pernah melakukannya.

PCplus menggunakan layanan back-up gratisan yang bernama BlogBackUpOnline (www.blogbackuponline.com). Layanan ini akan menyalin isi dari blog dan menyimpannya di tempat yang aman. Salinan itu bisa digunakan suatu saat nanti jika diperlukan. Selain itu, BlogBackUpOnlnie juga mendukung berbagai platform blog yang populer saat ini, mulai dari Blogger sampai Wordpress.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

1. Anda mendaftarkan diri dengan memasukkan alamat e-mail dan memilih password yang diinginkan (masukkan dua kali). Jangan lupa klik tombol [Signup].

2. Buka e-mail konfirmasi yang dikirimkan oleh mereka untuk mengaktifkan akun.

3. Setelah aktif, login sekali lagi .

4. Klik tombol [Start Registering Your Blog].

5. Masukkan alamat blog dan klik [Register Blog].

6. Selesai.

Perhatian!

Yang harus diperhatikan adalah layanan ini menggunakan teknologi RSS untuk mengambil data dari blog. Karena itu, pada beberapa blog yang RSS feed-nya merupakan ringkasan atau versi pendek (summary) dari isi posting, layanan BlogBackUpOnline menjadi tidak efektif.

Tetapi tentu saja, untuk para blogger profesional, urusan bakcup sudah tidak menjadi masalah karena mereka sudah menggunakan sarana yang lebih canggih. Sedangkan untuk blogger biasa yang mengalami masalah yang sama, bisa mengunjungi halaman bantuan di www.techrigy.com/bbohelp/doku.php?id=configure_blogger_feed.

Tidak ada komentar: