hasil pencarian

Kamis, 31 Juli 2008

Presiden Bush Wariskan Utang US$482 Miliar

Defisit anggaran pemerintah AS ternyata jauh lebih besar dari perkiraan awal tahun ini. Untuk tahun fiskal 2009, yang akan dimulai Oktober nanti, terjadi defisit US$482 miliar.

Demikian kantor perencanaan anggaran Gedung Putih seperti dilansir NRC Handelsblad online, Selasa sore atau Rabu (30/7/2008) dinihari WIB.

Menurut Washington, defisit yang luarbiasa besar itu antara lain dipengaruhi oleh pengurangan pajak, pengeluaran besar untuk pertahanan dan keamanan, ekonomi yang memburuk dan paket stimulans.

Kandidat presiden dari Demokrat Barack Obama dan rivalnya dari Republik John McCain dalam reaksinya sama-sama menyalahkan pemerintah Bush. Obama mengatakan bahwa telah terjadi pengambilan keputusan yang kurang bertanggung jawab di Wallstreet dan Washington. Dia tetap pada rencananya untuk menstimulasi ekonomi lebih lanjut.

Sementara McCain mencoba menghapus kesan bahwa dia akan meneruskan kebijakan Bush jika dia terpilih jadi presiden. McCain berjanji bahwa termin kepemimpinannya sebagai presiden akan dia tutup tanpa meningalkan defisit. Meskipun dia mengakui bahwa itu tidak mudah.

Defisit anggaran sebesar US$482 miliar itu setara dengan 3,3% Gross Domestic Product (GDP) AS. Itu merupakan rekor dan terbesar sepanjang sejarah.(

Tidak ada komentar: