hasil pencarian

Senin, 28 Juli 2008

Pengguna Internet Diimbau Update Patch DNS

Salah seorang spesialis keamanan IOActive mengimbau kepada seluruh pengguna Internet untuk meng-update patch pada DNS mereka terkait ditemukannya flaw baru. DNS digunakan oleh tiap user komputer untuk melakukan linking ke salah satu situs di Internet.

“Kita dalam masalah yang sangat besar,” jelas seorang spesialis keamanan IOActive Dan Kaminsky setelah menemukan sebuah flaw pada Domain Name System (DNS) beberapa waktu lalu, seperti dilansir AFP, Sabtu (26/7/2008).

Menurutnya, jika hacker sudah menemukan lubang ini maka bukan tidak mungkin suatu waktu mereka melakukan kontrol trafik Internet.

Dua pekan lalu, sejumlah pakar dari industri komputer telah berdiskusi menggarap proyek rahasia untuk menutup lubang ini. Hasilnya sebuah patch diluncurkan untuk menutup lubang yang ditemukan oleh Kaminsky sejak 6 bulan lalu tersebut.

“Kami harap semua pihak untuk segera menutup lubang dengan patch ini karena jika tidak serangan hacker akan meluas,” papar Kaminsky.

Sejumlah pakar keamanan mengingatkan jika patch tidak segera diaplikasikan, maka trafik Internet dan hosting Website akan terkena dampaknya.

“Saya tidak menakuti-nakuti, tapi kejadian ini betul-betul dimungkinkan terjadi pada Internet,” ucap Kaminsky di sela-sela pertemuannya dengan sejumlah media secara ekslusif, Kamis silam. Dalam demonstrasinya, dari sejumlah situs yang dikunjungi, setengah di antaranya ditemukan belum meng-update patch.

Kaminsky juga mengimbau kepada seluruh pengguna Internet untuk menguji apakah DNS mereka berlubang atau tidak melalui situs Doxpara.

Sementara itu, US Computer Emergency Readiness Team (CERT) bersama para ahli keamanan terus berupaya untuk meminta para pengguna Internet untuk melakukan update patch.

Patch layaknya sebuah sabuk pengaman bagi anda,” ucap CERT.(

Tidak ada komentar: